Go green yuk….

Kemaren liat berita di topik siang AN TV, disitu ada berita tentang bikin tas dari hasil pemanfaatan limbah plastik, menarik, walaupun dari segi estetik biasa aja, tapi kalo dipikir secara manfaat akan sangat bermanfaat, kalo bukan dari kita, siapa lagi???(cciah..kyak iklan). Coba dipikir aja ya, kalo sampah plastik-plastik  yang semakin lama semakin menumpuk, mau diapain… sedangkan notebenenya gk bisa diuraikan. Silahkan kalkulasi sendiri sampah yang dihasilkan tiap hari, hitung aja dari sampah di rumah kita masing-masing, mulai dari kemasan produk (pembungkus makanan, kosmetik, detergen, pewangi, shampo, pencuci piring, dll) ditambah lagi setelah kita berbelanja dapat bonus kantong plastik dari toko. Itu baru di rumah kita, coba kalkulasi satu RT, RW, kelurahan, kecamatan, kota, Negara, and the last our earth. Dan itu pun cuman baru dari satu hari, itung lagi deh untuk jangka 1 bulan, tahun, windu, abad, kasihan ya bumi kita. Apalagi berkembangnya dunia industri, makin banyak produk2  yang pastinya membutuhkan packing yang kebanyakan dari bahan plastik, bener-bener  pencemaran yang gak mungkin dihindari.

Trus semua ini salah siapa dong, harusnya yang membuat pencemaran ini yang bertanggung jawab… Kalo kita mikir seperti itu gak akan kelar masalah pencemaran ni, kita sendiri bisa kok menguranginya minimal, misalnya kita pergi ke warung, belanja, dapet bonus kantong plastik( kita sama sama tahu kan kalo kantong plastik itu juga beli), dibawa pulang trus disimpen aja kantong plastiknya. Eits… jangan berhenti untuk disimpen aja, kalo cuman disimpen gak ada ngaruhnya, bawa lagi kantong plastiknya kalo mau pergi belanja lagi, dengan begitu pak de yang jaga warung gak perlu ngasih bonus lagi kan, trus persediaan kantong plastiknya dia gk berkurang jadi pak de warung gak usah beli kantong plastik lg deh, lebih detailnya akan bisa dilihat dari bagan2 berikut ini.

 

Ada lagi cara untuk mengurangi kantong plastik, yaitu kalo kita pergi belanja pake aja tas belanjaan, jadi blanjaan kita tinggal masukin ke tas blanjaan, gak usah keluar plasik lagi.

Memanfaatkan plastik kemasan seperti membuat kerajinan tangan, juga bentuk upaya mengurangi limbah, yang perlu digaris bawahi disini memanfaatkan kembali jadi jangan sampai kita mengada-adakan (membeli plastik yang baru) bahan untuk kreasi, jadi cukupkan dengan plastik yang tidak terpakai.

Syukur, sekarang semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk go green, seperti halnya di sekolah-sekolah di daerah saya( SLTP N 1 Grogol, SMA N 1 Grogol Kediri) mereka menyebutnya program adiwiyata, bentuknya adalah pelarangan memakai kemasan plastik pada makanan yang masuk ke sekolah. Semoga program seperti ini bisa dipertahankan dan dikembangkan lagi, walaupun sekarang kita belum bisa merasakan manfaatnya, tapi itu akan sangat berpengaruh untuk anak cucu kita nanti.

Tentang rajutmania

Aneka rajutan dari kediri
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s